28.4.11

wimax adalah

Apa itu WiMAX? Yah ... suar baru-baru ini dilaporkan bahwa namanya Wimax. Saya ingat setahun yang lalu tengah malam jangongan dengan pemilik ISP dia berbicara tentang pergi ke sebuah teknologi baru yang disebut WiMax. Akhirnya bos sampai fajar ndalang ni masalah teknologi WiMAX dan saya sebagai mengangguk cuman pendengar untuk mudeng mengatakan pria fuck ya. Yah, mungkin satu sendok-kawan yang tidak tahu apa itu WiMAX ni adalah artikel dari sumber yang dapat dipercaya jika Anda bersyukur untuk melihat apakah ada hubungannya dengan bidang mereka agak malas mbacanya TUL ya tidak?

WiMAX (Worldwide Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus pertandingan uji dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX adalah teknologi koneksi broadband nirkabel di kejauhan. WiMAX adalah teknologi broadband yang menyediakan akses kecepatan tinggi dan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA terakhir dengan fitur yang lebih menarik. Selain kecepatan data tinggi dapat diberikan, WiMAX juga membawa isu standar terbuka. perangkat WiMAX dalam arti komunikasi antara penyedia layanan yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak sendiri). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 Mbps), WiMAX layak telah diterapkan untuk "last mile" koneksi broadband, backhaul, dan bisnis berkecepatan tinggi.

Apa yang membuat perbedaan WiMAX dengan Wi-Fi adalah standar teknis yang bergabung. Jika WiFi menggabungkan standar 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) HiperLAN sebagai standar teknis yang cocok untuk WLAN, dan WiMAX merupakan perpaduan antara standar IEEE 802.16 standar ETSI HiperMAN.

Output standar IEEE banyak digunakan di daerah asal, Amerika Serikat, sedangkan penggunaan standar keluaran ETSI meluas di Eropa dan sekitarnya. Untuk membuat teknologi ini dapat digunakan di seluruh dunia, diciptakan WiMAX. Kedua standar standar teknis dikombinasikan dengan spesifikasi yang benar adalah cocok untuk menyediakan koneksi broadband melalui tipe media wireless atau dikenal dengan BWA.

Frekuensi WiMAX

Sebagai teknologi berbasis pada frekuensi, kesuksesan WiMAX tergantung pada ketersediaan dan kesesuaian spektrum frekuensi. sistem Wireless mengenali dua jenis band frekuensi yang berlisensi dan band tidak berlisensi. Izin band membutuhkan lisensi atau otorisasi dari regulator, yang memperoleh lisensi operator band hak eksklusif untuk memberikan pelayanan dalam bidang tertentu yang diberikan. Sementara band berlisensi tanpa lisensi untuk menggunakan, mengharuskan siapa saja yang menggunakan frekuensi bebas di semua area.

WiMAX Forum mendefinisikan dua band frekuensi utama dalam profil certication untuk WiMAX tetap (pita 3,5 GHz dan 5,8 GHz), sementara untuk Mobile WiMAX set empat pita frekuensi pada profil sistem rilis, pita 2,3 GHz, 2, 5 GHz, 3,3 GHz dan 3,5 GHz.

Secara umum, terdapat beberapa alternatif frekuensi untuk teknologi WiMAX sesuai dengan peta frekuensi dunia. Dari pita frekuensi 3,5 GHz alternatif bagi sebagian besar frekuensi WiMAX Tetap di beberapa negara, terutama negara-negara di Eropa, Kanada, Timur Tengah, Australia dan sebagian Asia. Sementara sebagian besar frekuensi yang digunakan untuk WiMAX mobile, 2,5 GHz.

Isu Fixed WiMAX pada pita frekuensi 3.3 GHz hanya di negara-negara Asia. Hal ini terkait dengan penggunaan 3,5 GHz untuk komunikasi satelit, serta di Indonesia. Indonesia 3,5 GHz yang digunakan oleh satelit Telkom dan PSN INR dan layanan siaran TV. Dengan demikian penggunaan bersama antara satelit dan nirkabel terestrial (BWA) di 3,5 GHz akan menjadi penyebab kemungkinan gangguan, terutama di satelit.

Elemen Perangkat WiMAX

Elemen / perangkat WiMAX secara umum terdiri dari BS di pusat dan CPE di sisi pelanggan. Namun masih ada perangkat tambahan seperti antena, kabel dan aksesoris lainnya.

Base Station (BS)

Ini adalah perangkat transceiver (transmitter dan receiver) yang biasanya tempat (colocated) terinstal dengan jaringan Internet Protocol (IP). Dari BS akan terhubung dengan interface beberapa CPE dengan media gelombang radio (RF), karena standar WiMAX. Komponen BS adalah:

    * NPU (jaringan pengolahan peta unit)
    * AU (Access Unit peta) untuk 6 +1
    * EPU (power interface unit) 1 +1
    * AVU (unit ventilasi udara)
    * PSU (power supply unit) 3 +1

Antena

BS antena di sektor 60 °, 90 ° atau 120 ° tergantung pada daerah yang digunakan untuk dilayani.

Subscriber Station (SS)

Secara umum, stasiun pelanggan (SS) atau (Customer Premises Equipment) CPE terdiri dari Outdoor Unit (ODU) dan Indoor Unit (IDU), ada peralatan radio yang terpisah dan terintegrasi dengan antena.

Teknologi dan layanan WiMAX

BWA WiMAX adalah teknologi berbasis standar yang memungkinkan distribusi melalui penggunaan akses broadband wireless sebagai pelengkap untuk telepon tetap. WiMAX menyediakan akses last mile untuk tetap, nomaden, portable dan mobile tanpa syarat LOS (NLOS) antara user dan base station. WiMAX merupakan sistem BWA memiliki kemampuan untuk membedakan antara interoperabilty perangkat yang berbeda. WiMAX dirancang untuk memberikan layanan Point to Multipoint (PMP) atau Point to Point (PTP). Dengan kemampuan transmisi data hingga 10 Mbps / user.

WiMAX pembangunan di berbagai kemampuan. Fixed WiMAX pada prinsipnya dikembangkan dari sistem WiFi, dan keterbatasan WiFi diselesaikan melalui sistem ini, terutama dalam hal cakupan / jangkauan dan jaminan kualitas layanan (QoS). Sementara itu, Mobile WiMAX dikembangkan untuk mengimbangi teknologi selular seperti GSM, CDMA 2000 atau 3G. Keunggulan Mobile WiMAX terdapat pada konfigurasi sistem yang jauh lebih mudah dan kemampuan transfer data yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sistem WiMAX mungkin dan mudah diselenggarakan oleh operator baru atau penyedia layanan dalam skala kecil. Tetapi kemampuan mobilitas Mobile WiMAX adalah kemampuan teknologi mobile.

Ulasan Teknologi

WiMAX adalah istilah yang digunakan dalam standar dan pelaksanaan industri yang mampu berdasarkan IEEE 802.16 jaringan nirkabel, seperti WiFi pada IEEE802.11 Wireless LAN berbasis standar kerja yang diuraikan. Namun, pelaksanaannya sangat berbeda WiMax WiFi.

Pada WiFi, seperti lapisan OSI adalah standar pada tingkat kedua, dimana Media Access Control (MAC) metode akses kompetisi, yaitu dimana beberapa terminal pada waktu yang sama mendapatkan akses. Sementara akses MAC algoritma penjadwalan berbasis WiMax metode (algoritma penjadwalan). Dengan metode akses kompetisi, maka layanan seperti Voice over IP atau IPTV yang tergantung pada kualitas pelayanan (kualitas pelayanan) yang kurang stabil. Sedangkan pada WiMax, yang digunakan untuk penjadwalan algoritma, kemudian sebagai terminal jaminan untuk berbagai sumber (seperti timeslot), jaringan nirkabel akan terus memberikan sumber daya ini untuk menyediakan kebutuhan terminal untuk mengaksesnya.

Standar WiMax pada awalnya dirancang untuk rentang frekuensi 10 sd 66 GHz. 802.16a, diperbaharui pada 2004 menjadi 802.16-2004 (juga dikenal sebagai 802.16d) menambahkan rentang frekuensi 2-11 GHz dalam spesifikasi. Juga dikenal sebagai 802.16d WiMAX tetap, diperbarui lagi untuk 802.16e pada tahun 2005 (yang dikenal sebagai mobile WiMax) dan menggunakan pembagian frekuensi orthogonal multiplexing (OFDM), yang lebih terukur dari standar yang digunakan 802.16d OFDM 256 sub-carrier. Gunakan OFDM baru menawarkan keunggulan dalam hal cakupang, instalasi, konsumsi energi, penggunaan frekuensi dan efektivitas pita frekuensi. standar WiMAX 802.16e, kemampuan untuk menyerahkan atau tangan ke bawah, sebagaimana layaknya dalam komunikasi mobile.

Jumlah lembaga yang tertarik dalam standar 802.16d dan .16 e karena standar menggunakan frekuensi yang lebih rendah dan oleh karena itu lebih baik untuk redaman dan dengan demikian penetrasi yang lebih baik ke dalam gedung. Saat ini, sudah ada jaringan komersial perangkat WiMax bersertifikasi sesuai dengan standar 802 162.

Spesifikasi WiMax membawa perbaikan atas keterbatasan standar Wi-Fi dengan menyediakan bandwidth yang lebih besar dan enkripsi yang lebih baik. Standar WiMax memberikan koneksi tanpa memerlukan Line of Sight (LOS) dalam situasi tertentu. Non-LOS propagasi membutuhkan 0,16 16.ed standar atau review, karena membutuhkan frekuensi yang lebih rendah. Selain itu, harus digunakan dalam sinyal muli-jalur (multi-path sinyal), sebagai standar 802.16n.

Manfaat dan manfaat

Banyak keuntungan dari penciptaan ini standardisasi industri. Para operator telekomunikasi dapat memberikan investasi, karena kemampuan WiMAX untuk melayani pelanggan dengan area yang lebih luas dan tingkat kompatibilitas lebih tinggi. Selain itu, pasar juga lebih umum karena kesenjangan broadband WiMAX di luar jangkauan teknologi telah mampu mengisi, kabel dan DSL (Digital Subscriber Line).

Salah satu teknologi WiMAX memungkinkan koneksi internet yang berkualitas dan melakukan aktivitas. Sementara media wireless selama media telah disebut paling ekonomis dalam koneksi internet. Daerah ini meliputi 50 km dan kemampuannya untuk memaksimalkan kecepatan transfer data untuk memberikan tinggi di kejauhan, kontribusi yang besar bagi keberadaan wireless MAN dan setiap celah broadband yang ada untuk menutup. Dari segi kondisi saat proses komunikasi, dapat WiMAX teknologi, pelanggan harus, apakah itu berada dalam posisi saling berhadapan (perangkat positioning untuk berkomunikasi masih dalam mata lurus dan bebas dari penghalang di depan) untuk BTS atau tidak memungkinkan untuk itu (secara non-pandang). Jadi tak peduli dimana penggunanya begitu lama, yang terdapat dalam area cakupan BTS (Base Transceiver Stations), mereka masih mungkin dapat link dengan BTS dikirim untuk menikmati.

Selain itu, dapat melayani baik para pengguna dengan antena tetap (fixed wireless), seperti gedung perkantoran, rumah, toko, dll, serta kecenderungan untuk bergerak di sekitar kota atau perangkat mobile lainnya. Mereka dapat udara internet broadband untuk menikmati media. Sedangkan kisaran spektrum frekuensi yang relatif lebar, maka pengguna masih dapat terhubung dengan BTS selama mereka berada dalam rentang frekuensi operasi dari BTS.

sistem kerja-Nya MAC (Media Access Control) dalam koneksi Data Link Layer adalah terfokus, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dalam bentuk video dan audio. Siapa yang tidak ingin internet murah, mudah dan nyaman dengan kualitas broadband tanpa harus repot-repot. Hanya menginstal kartu PCI kompatibel dengan standar WiMAX, atau hanya membeli PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) yang mendukung komunikasi dengan WiMAX. Atau mungkin Anda hanya membeli antena portabel dengan interface ethernet yang akan diambil di mana saja koneksi Internet dari BTS untuk fixed wireless untuk mendapatkan.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX

1 comment: