28.4.11

cloud computing adalah

Cloud computing mengacu pada penyediaan sumber daya komputasi on demand melalui jaringan komputer, seperti program, database, layanan file, email, dll Dalam model tradisional dari komputer, baik data dan perangkat lunak sepenuhnya terkandung dalam pengguna komputer dalam komputasi awan, komputer pengguna berisi hampir tidak ada perangkat lunak atau data (mungkin sistem operasi minimal dan web browser), berfungsi sebagai sedikit lebih dari terminal tampilan untuk pemrosesan pada jaringan komputer jauh. Sebuah singkatan umum untuk layanan komputasi awan subjek (atau bahkan kombinasi dari layanan awan yang ada) adalah "The Cloud".

Analogi yang paling umum untuk menjelaskan komputasi awan adalah utilitas publik seperti listrik, gas dan air. Sama utilitas seperti terpusat dan standar individu bebas dari masalah pembangkit listrik atau pompa air, komputasi awan membebaskan pengguna dari perangkat keras tertentu dan instalasi perangkat lunak dan tugas pemeliharaan melalui penggunaan perangkat keras sederhana yang mengakses jaringan besar sumber daya komputer (prosesor, hard drive, dll.) Berbagi sumber daya mengurangi biaya bagi individu.

Ungkapan "cloud computing" berasal dari simbol awan sering digunakan oleh peta dan diagram untuk melambangkan Internet. Prinsip di balik awan adalah bahwa setiap komputer yang terhubung ke internet tersambung ke kolam sama program daya komputasi, dan file. Pengguna dapat menyimpan dan mengakses file pribadi seperti musik, foto, video, dan bookmark atau bermain game atau menggunakan aplikasi produktivitas di server jauh daripada fisik di sekitar media penyimpanan seperti DVD atau thumb drive. Hampir semua pengguna internet dapat digunakan untuk suatu bentuk komputasi awan memiliki beberapa menyadarinya. Mereka yang email berbasis web seperti Gmail, Hotmail, Yahoo, sebuah perusahaan milik e-mail, atau bahkan sebuah program klien email seperti Outlook, Evolution, Mozilla Thunderbird atau Entourage terkait dengan awan e mail server. Jadi, dengan menggunakan program komputer untuk membuat awan e-mail masih dianggap sebagai aplikasi awan.

0 comments:

Post a Comment